Kamis , Desember 8 2022
Breaking News
Home / Berita / Review WWE 2K22 : Gulat Ganas di Atas Ring

Review WWE 2K22 : Gulat Ganas di Atas Ring

Para pecinta gulat pasti tidak asing dengan acara gulat yang suka tampil di tv yang mempunyai nama WWE (World Wrestling entertainment). Meningkatnya popularitas yang diraih membuat WWE menciptakan seri game acara gulat tersebut.

Saat di buat pada tahun 2013 oleh 2K Games, game gulat ini menjadi game yang selalu rilis tiap tahunnya seperti game olahraga kebanyakan seperti FIFA, eFootbal (dulunya PES), dan NBA 2K.

Walaupun dirilis tiap tahun, nyatanya Visual Concepts selaku developer merasa keteteran selama mengembangkan WWE 2K tiap tahunnya. Saat WWE 2K20 dirilis tahun 2019 hasilnya dinilai sangat mengecewakan dengan sering terjadinya crash saat permainan berlangsung.

Tidak mau melakukan kesalahan lagi, WWE 2K22 berharap bisa memperbaiki kesalahan dari WWE 2K20. Visual Concepts dan 2K Games fokus untuk menggarap WWE 2K22 hingga mereka rehat dengan tidak dirilisnya WWE 2K21.

Pada Agustus 2021 silam WWE 2K22 akhirnya resmi diumumkan dan akan diluncurkan secara resmi pada bulan Maret 2022. Kabar tersebut benar adanya, WWE 2K22 akhirnya dirilis secara resmi pada 11 Maret serentak pada Xbox Series X/S, Xbox One, Playstation 4, Playstation 5 dan PC.

Apakah dengan rehatnya 2K Games dan Visual Concepts bisa menjawab rasa penasaran sekaligus mendapatkan tanggapan positif dari penggemarnya ? Berikut beberapa tanggapan media ternama yang berhasil dikumpulkan.

Cerita Panjang Yang Kurang Menarik

MyRISE hadir menggantikan MyCareer yang dimiliki WWE 2K20 sebelumnya. Pada story mode single player ini 2K mengatakan para pemain setidaknya butuh 50 jam untuk bisa tamat pada mode MyRISE.

Pada mode tersebut, pemain bisa membuat karakter sesuai keinginan mereka dan berusaha untuk meraih gelar juara pegulat WWE terhebat. Dalam permainan, setiap pilihan mau pun keputusan yang pemain pilih dapat mempengaruhi perjalanan karir yang sedang pemain tempuh dalam meraih pegulat nomor satu di WWE.

MyRISE dirasa kurang pengembangan oleh 2K Game walau pun telah mempunyai jalan cerita yang panjang. Beberapa tanggapan pun dilontarkan dari beberapa situs yang khusus mereview game-game yang telah dirilis.

Menurut salah satu situs ternama yang khusus mereview game, cerita pada WWE 2K22 dirasa kurang memiliki factor WWE itu sendiri. Hal serupa juga ditanggapi dari situs serupa yang mempunyai tanggapan bahwa dialog yang dihasilkan dari MyRISE terdengar “konyol”.

Buruknya, dialog yang disampaikan sebagian besar merupakan pesan teks tanpa narasi suara yang jelas. dan unggahan pada sosial media. Walaupun narasi suara terdengar, namun kualitasnya dirasa kurang baik saat didengarkan.

Suara voice acting pun dirasa buruk lantaran seperti hasil rekaman saat berada di kamar mandi. Mungkin kualitas suara yang kurang bagus tersebut dikarenakan sesi rekaman dilakukan pada waktu karantina Covid-19.

Gameplay Serta Animasi yang Makin Halus

Pengalaman yang menarik serta memacu adrenalin tentunya harus tersedia pada genre game olahraga gulat WWE 2K22. Dengan peningkatan pada gameplay dari game sebelumnya WWE 2K20, pada WWE 2K22 menghadirkan gameplay yang semakin menarik.

Movement karakter seakan dibuat semirip mungkin dengan tokoh aslinya. Ini terbukti dari setiap pukulan yang di layangkan semakin terasa nyata pada WWE 2K22.

Walaupun begitu, pertarungan yang disajikan secara keseluruhan masih dirasa belum memberikan kepuasan tersendiri layaknya gulat sebenarnya. Karakter dari pegulat terkadang kurang bereaksi terhadap respon dari pemainnya malah seperti bergerak liar diluar kontrol pemainnya.

Pada movement dan tiap pukulan yang dilayangkan terasa masih ahak canggung seperti saat karakter meniban musuhnya. Akan tetapi, dari animasi dan gameplay yang ditingkatkan secara drastis membuat pertarungan WWE 2K22  dirasa lebih halus dibanding pendahulunya.

Mekanik Baru Dengan Kontrol Yang Sederhana

Kontrol yang disajikan pada game WWE terbaru ini membuat permainan terasa lebih simple dari game pendahulunya. Kontrol baru yang diterapkan menjadikan pemain merasakan pemainan yang lebih cepat.

Gerakan rumit jadi semakin mudah dengan kombinasi tombol sederhana yang bisa dilakukan oleh pemainnya. Menghindari pukulan pun ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Pemain bisa menebak arah pukulan yang dilakukan oleh musuh selain bisa membalasnya dengan counter. Pemain juga menghindari serangan musuh yang berupa grapple dan combo.

Tanggapan positif pun didapatkan terkait kontrol baru pada WWE 2K22. Perombakan pada sistem kontrol bisa menciptakan gameplay yang menarik seperti gulat WWE pada dunia nyata.

Dengan kontrol yang ditingkatkan memberikan permainan yang lebih dinamis dikarenakan pemain harus berpikir terhadap serangan yang akan diberikan lawannya agar bisa dihindari atau pun di tangkis secara sempurna. Dilain sisi, pemain harus selalu mejaga pertahanan mau pun serangan yang akan dilakukan agar tidak tertebak oleh lawan.

2K Games memberikan mekanik pertarungan baru berupa combo pada WWE 2K22. Dengan combo menjadikan pemain menyiapkan strategi agar setiap gerakan yang diambil bisa maksimal.

Sehabis melakukan combo, pemain harus memprediksi tiap serangan yag dikeluarkan oleh musuh dalam membalas combo dari pemain. Apabila gagal, pemain akan merasakan pukulan combo yang dilayangkan oleh musuh yang tentunya bisa sangat menyakitkan untuk karakter yang sedang dimainkan.

Grafis Yang Baik Membuat Game Lebih Hidup

WWE 2K22 mempunyai grafis yang memukau hingga terlihar realistis berkat peningkatan yang dilakukan 2K Games. Grafis yang ada pada WWE 2K22 adalah versi terbaik yang telah diberikan sebelum game pendahulunya.

Bagian wajah pegulat menjadi hal yang dirasa paling ditingkatkan. Wajah seperti John Cena, The Rock samapi Brock Lesnar pada 2K22 bisa dibilang cukup akurat dengan versi aslinya dan mempunyai ekspresi yang terlihat hidup.

Tanggapan lain juga dilontarkan terkait kemiripan wajah para pegulat yang sangat menakjubkan dan dinilai merupakan versi terbaik dari game WWE yang ada.

Kesimpulan

Waktu yang dibutuhkan dalam pengembangan WWE 2K22 secara keseluruhan dirasa memuaskan. Visual Concepts dan 2K Games sukses memberikan hasil positif pada game WWE.

WWE 2K22 dianggap memberikan kemajuan yang pesat terhadap game gulat yang telah populer ini. Mode baru yang diterapkan seperti MyGM memberikan kesan permainan terasa lebih fresh dan menyenangkan.

Game WWE 2K22 juga mempunyai 3 versi yaitu versi Standard, Deluxe dan nWo. Tiap versi memiliki harga yang variatif mulai dari Rp 659 ribu untuk edisi Standard dan Rp 1,1 juta untuk versi Deluxe.

Versi nWo merupakan nersi termahal yang dapat dibeli dengan harga Rp 1,3 juta. Bagi para pemain yang ingin merasakan game gulat versi PC bisa ditemukan pada Steam.

About warhead